LAPORAN KEBERLANJUTAN TAHUN 2022-2023
PT SINARMAS HANA FINANCE
MEMBANGUN BUDAYA KEBERLANJUTAN
Sebagaimana di sampaikan tahun-tahun sebelumnya bahwa tahap implementasi awal atas keuangan berkelanjutan sesuai road map, dalam mengembangkan budaya keberlanjutan yang dimulai dengan memperkenalkan dasar daripada konsep keuangan berkelanjutan sebagaimana yang tertuang dalam POJK No.51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik. Pelaksanaan sosialisasi telah dilakukan secara bertahap baik secara daring dan non daring kepada karyawan dan semua pemangku kepentingan, baik dikantor pusat dan di Kantor Cabang (KC), di setiap jenjang atau level organisasi mulai dari Direksi hingga level staff, agar karyawan memiliki pemahaman /visi yang sama sehingga menjadi pondasi dalam membangun budaya keberlanjutan di Perusahaan.
Perusahaan telah dan selalu berkomitmen kuat mendukung usaha-usaha keberlanjutan lingkungan hidup, khususnya dalam aktivitas kehidupan sehari-hari dilingkungan perusahaan dan produk pembiayaan. Gerakan untuk menciptakan budaya go-green di lingkungan Perusahaan telah diterapkan secara menyeluruh dalam berbagai bentuk efisiensi penggunaan kertas, penggunaan tumbler (tempat minum) masing-masing karyawan yang berbahan daur ulang, hemat penggunaan air, hemat penggunaan listrik (lampu, AC hemat energi, dll) dan produk pembiayaan.
Kebiasaan-kebiasaan yang sudah menjadi perilaku baik yang berdampak terhadap lingkungan terus dilakukan dengan melibatkan partisipasi aktif dari karyawan dalam mendukung perilaku yang ramah lingkungan, seperti himbauan untuk menggunakan kertas bekas secara maksimal dan penggunaan AC di ruangan secara hemat (termasuk penggantian mesin pendingingan ruangan dengan mesin baru dan ramah Lingkungan/hemat listrik).
Kegiatan membangun budaya keberlanjutan terefleksi dari strategi Perusahaan dalam mengedepankan penerapan digitalisasi dalam kegiatan usaha. Secara keseluruhan, Perusahaan telah melakukan pengembangan sistem teknologi informasi secara terus dan menerus dan telah terintegrasi antara mitra usaha, konsumen, kantor pusat, dan Kantor Cabang (KC).
DAMPAK POSITIF PENERAPAN KEUANGAN BERKELANJUTAN BAGI MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN
Dampak secara kuantitatif dari penerapan keuangan keberlanjutan bagi masyarakat dan Lingkungan PT SHF secara data memang belum ada tetapi Perusahaan sangat yakin atas kebijakan dan srtategi yang di ambil telah memberikan kontribusi positif. Salah satu gambaran dampak positifnya dapat di sampaikan bahwasannya dengan berkurangnya penggunaan kertas seiring shifting online aktifitas kantor dimana sebelumnya harus menggunakan kertas menjadi tidak perlu kertas mengakibatkan penurunan jumlah permintaan kertas, mengurangi Jumlah pohon yang harus di tebang, listrik dan atau batu bara untuk produksi kertas akan menghasilkan kualitasi udara yang bagus, dan sebagainya.
STRATEGI KEBERLANJUTAN
Tahun 2023 merupakan tahun ke-4 dari penerapan Keuangan Berkelanjutan berdasarkan Pasal 3 Peraturan OJK Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik. Oleh karena itu Perusahaan telah melaksanakan implementasi Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) tahun 2023 dengan tujuan untuk menjadi Perusahaan yang terpercaya dan unggul dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, yang dilaksanakan melalui strategi utama yaitu: pemahaman dan implementasi/pelaksanaan atas wawasan dan pengetahuan keuangan keberlanjutan yang telah dipahami dan dimengerti oleh setiap pimpinan kepada seluruh staffnya masing-masing melalui kegiatan nyata.
Pada tahun ke empat implementasi RAKB, strategi berkelanjutan Perusahaan telah berhasil melaksanakan kegiatan yang telah di rumuskan dengan baik khususnya di bidang penghematan kertas, penghematan listrik, penghematan botol sekali pakai dan hal-hal yang terkait diimbangi dengan program pengembangan dan pelatihan Keuangan Berkelanjutan guna untuk mempersiapkan sumber daya manusia di internal Perusahaan dalam mengimplementasikan Keuangan Berkelanjutan.
Melalui pemahaman dan kesadaran yang baik akan mendorong tumbuhnya kepedulian atas penerapan Keuangan Berkelanjutan dilingkungan bisnis Perusahaan yang diharapkan akan tercipta inisiatif dan inovasi terhadap produk dan jasa Keuangan Berkelanjutan yang dikembangkan sesuai dengan prinsip-prinsip Keuangan Berkelanjutan yang bukan sekedar retorika belaka.
Adapun faktor-faktor yang di pertimbangkan baik internal maupun eksternal, seperti kondisi keuangan Perusahaan, kapasitas teknis, dan kapasitas organisasi serta sumber daya manusia yang dimiliki Perusahaan.
Perusahaan telah menyusun Strategi Keberlanjutan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun, yaitu untuk periode tahun 2020 sampai dengan tahun 2024, dengan pembagian kedalam 3 (tiga) tahap yang terdiri dari implementasi awal (periode tahun 2020 – 2022), implementasi lanjutan (periode tahun 2022 – 2023), dan implementasi penuh (tahun 2024) telah berjalan dengan baik dengan beberapa catatan.
Pedoman dalam menerapkan Keuangan Berkelanjutan dengan mengacu pada POJK No.51/POJK.03/2017 tealah di susun. Pedoman akan senantiasa dikaji sesuai dengan kondisi dan perkembangan kegiatan usaha Perusahaan, termasuk tujuan Keuangan Berkelanjutan dengan tetap memperhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
Untuk mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan, Perusahaan berupaya membangun landasan yang kuat dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan dan awarnes melalui social media dan media lain yang ada di perusahaann, diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan berintegritas tinggi dan dapat mendukung penerapan Keuangan Berkelanjutan di Perusahaan.
IKHTISAR KINERJA ASPEK KEBERLANJUTAN
a. Aspek Ekonomi (dalam rupiah) | Tahun 2023 | Tahun 2022 | Tahun 2021 |
---|---|---|---|
Pembiayaan Multiguna | 437 Miliar | 384 Miliar | 412 Miliar |
Pembiayaan Modal Kerja | 658 Miliar | 747 Miliar | 553 Miliar |
Pembiayaan Investasi | 296 Miliar | 238 Miliar | 180 Miliar |
Kewajiban | 1.171 Miliar | 1.057 Miliar | 861 Miliar |
Laba Sebelum Pajak | 9 Miliar | 30 Miliar | 27 Miliar |
Pendapatan | 221 Miliar | 200 Miliar | 174 Miliar |
b. Aspek Lingkungan | Tahun 2023 | Tahun 2022 | Tahun 2021 |
---|---|---|---|
Penggunaan Listrik | 1,5 Miliar | 1,4 Miliar | 1,2 Miliar |
Penggunaan Kertas | 206 Juta | 262 Juta | 27 Juta |
* Catan dari aspek Lingkungan bahwasannya ada dua masa yaitu selama covid dan sesudah covid. Terlihat jelas di tahun 2023 walaupun ada kenaikan biaya listrik tetapi masih masuk akan karena Perusahaan sudah beroperasional full 100% dan kenaikan tarif listrik namun angka kenaikannya tidak ekstrim. Sedangkan di sisi penggunaan kertas jelas terlihat walaupun masa normal di tahun 2023 perusahaan bisa menurunkan bisaya kertas cukup signifikan sebesar 56 juta rupiah.
PROFIL SINGKAT PT SINARMAS HANA FINANCE
Visi dan Misi
Keberlanjutan merupakan bagian komitmen PT Sinarmas Hana Finance dalam mewujudkan visi Perusahaan yakni menjadi Perusahaan Pembiayaan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia dalam mewujudkan visi tersebut.
VISI
Menjadi pemimpin Perusahaan Pembiayaan dengan Pelayanan Kelas Dunia. Visi ini menggambarkan bahwa Perusahaan akan terus memperluas bisnis untuk terus mempromosikan standar layanan terbaik bagi pelanggan.
MISI
- Sebagai perusahaan pembiayaan dengan jaringan luas terintegrasi seluruh Indonesia;
- Teknologi Informasi yang sesuai;
- Pembinaan sumber daya manusia dapat diandalkan;
- Mengelola perusahaan dengan tata kelola Perusahaan yang baik (transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, dan kesetaraan).
NILAI BUDAYA PERUSAHAAN

INFORMASI PERUSAHAAN
Nama Perusahaan | Alamat | Nomor Telepon | Situs Web | |
---|---|---|---|---|
PT Sinarmas Hana Finance | Gedung Roxy Square Lantai 3 Blok B 01 No. 2, Jakarta Barat | 021 5695 4670 | shf.co.id | customercare@shf.co.id |
KANTOR CABANG
Cabang | Alamat |
---|---|
Cabang Roxy | ROXY SQUARE, Gedung Roxy Square Lt.LG B06 No. 30, Jakarta Barat 11440 |
Cabang Depok | Jl. Arif Rahman Hakim No.69, RT.3/RW.13, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16421 |
Cabang Bekasi | Ruko Mutiara Bekasi Center, Jl. Ahmad Yani No.10, Kota Bekasi 17141 |
Cabang Tangerang | Ruko Bolisena Blok C No 28, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Tangerang, Banten 15810 |
Cabang Bogor | Jl. Raya Pajajaran Komp. Ruko Bantarjati No.96 N, Kota Bogor, Jawa Barat 16153 |
POS Karawang | Jl. Kertabumi No.10A, Kab Karawang, Jawa Barat |
Cabang Solo | Penumping, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141 |
Cabang Bandung | Jl. Mekar Utama No.111P, Kota Bandung, Jawa Barat 40237 |
Cabang Semarang | Jl. Mayor Jend. D.I. Panjaitan No.90C, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241 |
Cabang Kediri | Jl. Pemuda no 11C, Kota Kediri, Jawa Timur 64112 |
Cabang Yogyakarta | Ruko Casa Grande No 12, Kabupaten Sleman, Yogyakarta 55282 |
Cabang Malang | Jl. A. YANI MALANG A-38, Kota Malang, Jawa Timur 65125 |
Cabang Surabaya | Jl. Raya Manyar No.36, Kota Surabaya, Jawa Timur 60284 |
JUMLAH KARYAWAN
Jenis Jabatan | Laki-laki | Perempuan | Total |
---|---|---|---|
Direktur | 4 | 0 | 4 |
Komisaris | 3 | 0 | 3 |
Div. Head | 1 | 1 | 2 |
General Manager | 1 | 0 | 1 |
Manager | 12 | 0 | 12 |
Supervisor | 24 | 3 | 27 |
Staff | 215 | 66 | 281 |
Jenis Usia | Laki-laki | Perempuan | Total |
---|---|---|---|
21-25 | 16 | 10 | 26 |
26-30 | 34 | 28 | 62 |
31-35 | 66 | 18 | 84 |
36-40 | 84 | 10 | 94 |
41-45 | 45 | 3 | 48 |
46-50 | 15 | 1 | 16 |
Jenis Pendidikan | Laki-laki | Perempuan | Total |
---|---|---|---|
SLTA | 110 | 22 | 132 |
Diploma | 53 | 23 | 76 |
Sarjana | 80 | 31 | 111 |
Pasca Sarjana | 11 | 0 | 11 |
Doktor | 0 | 0 | 0 |
Jenis Status Ketenagakerjaan | Laki-laki | Perempuan | Total |
---|---|---|---|
Karyawan Tetap | 56 | 18 | 74 |
Karyawan Kontrak | 203 | 53 | 256 |
Karyawan Alih Daya | 33 | 0 | 33 |
PRESENTASI PEMEGANG SAHAM

No | Pemilik Saham | Persentase |
---|---|---|
1 | Hana Capital Co. Ltd | 55% |
2 | PT. Bank KEB Hana Indonesia | 30% |
3 | PT. Sinarmas Multiartha Tbk | 15% |
WILAYAH OPERASIONAL

DKI Jakarta | Jawa Barat | Jawa Tengah | Jawa Timur |
---|---|---|---|
Jakarta Barat | Tangerang | Yogyakarta | Surabaya |
Bandung | Semarang | Malang | |
Bogor | Solo | Kediri | |
Depok | |||
Karawang | |||
Bekasi |
Hingga akhir tahun 2021 Perusahaan memiliki 12 Kantor Cabang dan 1 Kantor Selain Kantor Cabang/Point of Sales yang tersebar di seluruh pulau Jawa.
INFORMASI PRODUK, LAYANAN DAN KEGIATAN USAHA
Kegiatan usaha Perusahaan pada saat ini pada kegiatan pembiayaan multiguna untuk pembelian mobil bekas dan pembiayaan modal kerja serta investasi.
Sebagai penerapan prinsip kehati-hatian, maka plafon persetujuan kredit untuk setiap jenjang dibuat tidak terlalu besar untuk setiap aplikasi kredit. Wewenang memutuskan kredit tersebut selalu ditinjau secara berkala dan ditetapkan berdasarkan rekomendasi dari suatu Komite Kredit yang perlu mendapat persetujuan dari Komisaris Perseroan. Hal ini sejalan dengan prinsip kehati-hatian (prudent financing) yang dianut Perusahaan.
Perseroan memiliki kebijakan kredit yang diharapkan mampu menekan tingkat piutang yang bermasalah seminimal mungkin dalam menjalankan kegiatan usahanya. Untuk mengelola kegiatan usaha pembiayaan serta upayanya untuk selalu menjaga tingkat kolektibilitas yang baik maka kegiatan penagihan merupakan salah satu kunci keberhasilan Perusahaan.
KEANGGOTAAN ASOSIASI PERUSAHAAN PEMBIAYAAN INDONESIA (APPI)

Nomor Keanggotaan: 1296/JKT/VI/15
Periode Keanggotaan: 1 Januari 2023 s.d. 31 Desember 2023
Manfaat Keanggotaan: Sebagai tempat informasi bagi Perusahaan untuk berdiskusi dan memecahkan permasalahan, memberikan masukan-masukan, mengadakan pertemuan, dan mengolah data atau bahan-bahan yang berhubungan dengan Peraturan Perundang-undangan. Keanggotaan juga mencakup pemenuhan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan.
Kegiatan Seminar Nasional APPI:
- Seminar Nasional - Tantangan Pembiayaan di Tengah Tahun Politik:
31 Januari 2023, dihadiri oleh:- Bapak Nasser Atorf (Komisaris)
- Bapak Agustinus Budi Antoro, SE (Direktur Kepatuhan)
- Bapak Andrew Ludy (Direktur Bisnis)
Berikut lampiran Sertifikat:
- Seminar Nasional - Era Baru Industri Pembiayaan:
6 Juni 2023, dihadiri oleh:- Bapak Seo Jisu (Direktur Utama)
- Bapak Chang Won Suk (Direktur Keuangan)
- Bapak Andrew Ludy (Direktur Bisnis)
Berikut lampiran Sertifikat:
- Seminar Internasional - Future of Digitalization in Multifinance Industry:
1 Agustus 2023, dihadiri oleh:- Park Dong Wook (Komisaris Utama)
- Bapak Seo Jisu (Direktur Utama)
- Bapak Chang Won Suk (Direktur Keuangan)
Berikut lampiran Sertifikat:
- Seminar Nasioanl - Economic Outlook 2024:
3 Oktober 2023, dihadiri oleh:- Bapak Agustinus Budi Antoro, SE (Direktur Kepatuhan)
Berikut lampiran Sertifikat:
PERUBAHAN DI TAHUN 2021 YANG SIGNIFIKAN
Di tahun 2021 tidak ada perubahan signifikan yang ada hanya kegiatan usaha dan perekonomian menyesuaikan dengan keadaan Pandemi Covid-19.
TATA KELOLA KEBERLANJUTAN
Perusahaan meyakini pentingnya penerapan tata kelola perusahaan yang konsisten pada setiap tingkatan organisasi dan setiap aktivitas perusahaan. Struktur tata kelola Perusahaan yang menggambarkan pengelolaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) di lingkup Perusahaan mencakup 3 (tiga) organ utama Perusahaan, yaitu :
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
Sebagai forum bagi para pemegang saham dalam mengambil keputusan strategis bagi kelangsungan Perusahaan.
Dewan Komisaris
Bertugas melakukan pengawasan.
Direksi
Berfungsi untuk melakukan pengelolaan operasi dan bisnis Perusahaan. Struktur ini telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 30/POJK.05/2014 tentang Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Bagi Perusahaan Pembiayaan junto Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 29/POJK.05/2020 tentang Perubahan atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 30/POJK.05/2014 tentang Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Bagi Perusahaan Pembiayaan.
Di dalam membangun budaya Keuangan Berkelanjutan, Perusahaan telah menyusun Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan 2023 dan 2024, yang keseluruhan penerapan tata kelola keberlanjutan menjadi tanggung jawab semua pemangku kepentingan Perusahaan, termasuk Dewan Komisaris serta jajaran Direksi yang ikut terlibat dalam pengawasannya.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI MANAJEMEN
Materi | Narasumber | Peserta |
---|---|---|
Profesi Penagihan | SPPI | 17 Karyawan Collection PT Sinarmas Hana Finance di tahun 2021. |
Dasar Managerial Pembiayaan | SPPI | 9 Karyawan minimal setingkat Supervisor PT Sinarmas Hana Finance di tahun 2023. |
Seminar Nasional “Tantangan Pembiayaan di Tengah Tahun Politik” tanggal 31 Januari 2023 | APPI | Dihadiri oleh Bapak Nasser Atorf (Komisaris), Bapak Agustinus Budi Antoro, SE (Direktur Kepatuhan), Bapak Andrew Ludy (Direktur Bisnis). |
Seminar Nasional “Era Baru Industri Pembiayaan” tanggal 6 Juni 2023 | APPI | Dihadiri oleh Mr. Seo Jisu (Direktur Utama), Mr. Chang Won Suk (Direktur Keuangan), dan Bapak Andrew Ludy (Direktur Bisnis). |
Seminar Internasional “International Seminar: The Future of Digitalization in Multifinance Industry” tanggal 1 Agustus 2023 | APPI | Dihadiri oleh Mr. Seo Jisu (Direktur Utama), Mr. Chang Won Suk (Direktur Keuangan), dan Mr. Park Dong Wook. |
Seminar Pengalihan dan Pengakuan Sertifikasi Manajemen Risiko tanggal 1 Agustus 2023 | APPI | Dihadiri oleh Bapak Agustinus Budi Antoro, SE (Direktur Kepatuhan). |
KINERJA LINGKUNGAN HIDUP
Dalam rangka mendukung pelestarian lingkungan, Perusahaan melaksanakan kegiatan operasional yang ramah Lingkungan sesuai komitment dan rencana yang di buat dari tahun ke tahun. Perusahaan turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dengan tujuan menciptakan kehidupan yang lebih baik. Partisipasi Perusahaan diwujudkan melalui upaya kebijakan, startegi dan Tindakan yang telah di jabarkan di atas seperti pengurangan konsumsi kertas, penggantian mesin pendingin ruangan yang lebih hemat energi, penggunaan tumbler yang otomatis mengurangi sabun cuci piring dll.
Komitmen Perusahaan dibidang lingkungan hidup diwujudkan melalui penggunaan energi dan material dalam kegiatan operasional sehari-hari. Perusahaan memiliki kebijakan penggunaan energi dan material yang efektif dan efisien.
PENGGUNAAN KERTAS
Kebijakan penggunaan kertas sebagai salah satu material penting dalam kegiatan operasional terus di lanjutkan pada tahun 2023. Perusahaan diterapkan dengan penggunaan kertas secara efisien. Perusahaan senantiasa menghimbau kepada karyawan untuk meminimalisir penggunaan kertas baru dan lebih mendorong penggunaan atau pemanfaatan kertas bekas yang masih bisa terpakai di lingkungan kerja.
Perusahaan juga telah menggunakan mesin photocopy dan printer yang telah dilengkapi dengan PIN & Job Storage, sehingga atas setiap penggunaan dan pencetakan dapat dilakukan kontrol dan monitoring sesuai dengan kebutuhan yang benar-benar diperlukan.
Selain itu, mesin photocopy dan printer yang digunakan bisa untuk mencetak dokumen dua sisi (bolak-balik), sehingga bisa meminimalisir penggunaan kertas dalam jumlah banyak.
PENGGUNAAN LISTRIK
Dalam penggunaan listrik yang hemat dan bijaksana terus di lanjutkan pada tahun 2023, Perusahaan mengikuti kebijakan pengelola gedung tempat dimana Perusahaan menyewa ruangan kantor yang memanfaatkan listrik yang disalurkan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).
Adapun kebijakan penggunaan listrik yang diterapkan yaitu pembatasan waktu penggunaan AC dari jam 08.00 sampai tidak lebih dari pukul 17.00 WIB, selain itu penerangan lampu dibatasi pula hanya untuk yang benar-benar masih digunakan.
Perusahaan tidak mencatatkan penggunaan baik kertas, air dan listrik dalam volume. Pencatatan penggunaan energi dan material dilakukan dalam bentuk biaya yang dikeluarkan per bulan oleh Perusahaan secara keseluruhan.
E – MEMO
E – Memo adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh internal Perusahaan bertujuan untuk mempermudah dan mempersingkat setiap persetujuan -persetujuan yang sifatnya keseharian. Yang sebelumnya selalu menggunakan kertas dan banyak makan tinta print dan meminta ttd basah kepada pihak terkait hingga manajemen, namun sekarang cukup dengan menggunakan sistem E – Memo semua mudah dan berjalan lancar.
Penggunaan kertas pun berkurang hingga 65% dan printer pun sudah jarang digunakan. Walaupun masih ada beberapa hal yang diperlukan menggunakan kertas dan tinta serta tanda tangan basah, seperti halnya surat surat pernting dan berharga.
TANGGUNG JAWAB PENGEMBANGAN PRODUK DAN/ATAU JASA KEUANGAN BERKELANJUTAN
Perusahaan dalam menyalurkan pembiayaan kepada debitur senantiasa memberikan layanan yang setara (adil), informasi yang transparan, serta memberikan perlindungan konsumen secara maksimal. Perusahaan memperhatikan batasan penyaluran pembiayaan seperti tersebut dibawah ini:
- Pembayaran uang muka sejumlah persentase tertentu dari harga mobil;
- Jangka waktu kredit adalah minimum 12 bulan maksimal 4 tahun;
- Mobil bekas yang kita biayai dibawah 10 tahun;
- Jenis mobil bekas yang tidak kita biayai adalah Ford, Datsun, Nissan, mobil produk Cina, tipe paling rendah/standar di setiap merek (kecuali Toyota Avanza tipe E);
- Selama masa pembiayaan mobil tersebut dilindungi dengan mitigasi risiko berupa sertifikat fidusia dan asuransi kendaraan.
Biaya-biaya yang Dikenakan Perusahaan kepada Debitur adalah:
- Biaya survei;
- Biaya notaris;
- Biaya provisi;
- Biaya administrasi;
- Biaya asuransi;
- Biaya pelunasan dipercepat.
Kebijakan penyaluran pembiayaan diatas telah memberikan dampak positif, baik kepada Perusahaan maupun kepada debitur.
Perusahaan senantiasa memberikan informasi yang jelas kepada calon debitur sebelum akhirnya debitur memutuskan untuk menggunakan jasa pembiayaan dari Perusahaan. Pengisian Formulir Aplikasi Permohonan Pembiayaan dilakukan oleh calon debitur itu sendiri bersamaan dengan keterangan yang diberikan oleh staf Perusahaan dan akan digantikan dengan format online di masa depan untuk mengedepankan keamanan serta perlindungan Konsumen.
Perusahaan juga memberikan saluran untuk keluhan pelanggan dimana saluran ini dapat digunakan oleh debitur untuk mengajukan keluhan atas produk dan jasa yang diberikan Perusahaan. Termasuk pengaduan atas kemungkinan pelanggaran terhadap privasi debitur maupun hilangnya data debitur dalam database Perseroan.